Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

METODE RISET : BAB IV DAN BAB V

BAB IV  ANALISA DAN HASIL PENELITIAN

5.1 Analisis Deskriptif
Penelitian ini mengamati variable bebas (independent variabel) yaitu variable produk (X1), variable harga (X2), variable saluran distribusi (X3) dan variable promosi (X4) dan juga mengamati variable terikat (dependent variabel) yaitu variable Y, keputusan pembelian.

5.2 Pengujian Hipotesis
Pengaruh variable independen terhadap variable dependen diuji dengan tingkat kepercaraan (confidence interval) 95% atau α = 0,05. Criteria pengujian hipotesis untuk uji serempak adalah :
Ho :  B1, B2, B3, B4 = 0 (strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi dan promosi secara serempak tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian keripik pedas Maicih oleh konsumen Universitas Gunadarma).
Ha : B1, B2, B3, B4 ≠ 0 (strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi dan promosi secara serempak berpengaruh terhadap keputusan pembelian keripik pedas Maicih oleh konsumen Universitas Gunadarma)
Y = B0 + B1X1 + B2X2 + B3X3 + B4X4 + e
Berdasarkan table di atas, maka persamaan regresi linier berganda dalam penelitian ini sebagai berikut :
Koefisien regresi konstanta adalah 4,533 artinya bahwa tingkat kepuasan pembelian keripik pedas maicih oleh konsumen dipengaruhi oleh strategi bauran pemasaran sebesar 4,533. Sedang koefisien regresi semua variable bebas bertanda positif ini bearti bahwa factor strategi bauran pemasaran mempunyai hubungan yang positif dengan tingkat keputusan dalam membeli keripik pedas maicih, artinya mempunyai hubungan searah.

5.3  Uji Serempak (Uji F)
Untuk menguji hipotesis secara serempak digunakan statistic F (uji F). Rumus yang digunakan untuk statistic F (uji F) (Sugiyono, 2002), adalah:



Dimana:
R2  = Koefisien korelasi ganda
k   = Jumlah variable independen
n   = Jumlah anggota sample
Jika F hitung < F table, maka Ho diterima (Ha ditolak) dan jika F hitung > F table, maka Ho ditolak (Ha diterima) tolak pada α = 0,05
Dari table di atas diperoleh nilai F hitung sebesar 24,195, dengan signifikansi 0,000, sedangkan F table pada tingkat kepercayaan 95% atau α =0,05 adalah 2,46. Dengan membandingkan nilai F hitung dengan F table, maka F hitung (24,195) lebih besar dari F table (2,46), keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima, artinya secara serempak variable strategi bauran pemasaran berpengaruh sangat nyata terhadap keputusan pembelian keripik pedas maicih.

BAB V  KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Variable strategi bauran pemasaran yang terdiri dari: produk, harga, saluran distribusi dan promosi secara serempak berpengaruh sangat nyata terhadap keputusan pembelian keripik pedas maicih oleh mahasiswa universitas Gunadarma khususnya 3EA01. Makna high significant menunjukan bahwa keputusan pembelian keripik pedas maicih sangat dipengaruhi oleh strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh pemilik maicih, yang bearti semakin baik strategi pemasaran, maka akan semakin tinggi keputusan pembelian keripik pedas maicih.
5.2 Saran-saran
Dari kesimpulan yang telah diuraikan diatas, maka peneliti memberikan saran-saran sebagai berikut:
Sehubungan dengan variable strategi bauran pemasaran yang terdiri dari: produk, harga, saluran distribusi dan promosi secara serempak mempengaruhi keputusan pembelian keripik pedas maicih, maka disarankan agar maicih dapat lebih meningkatkan lagi strategi bauran pemasaran maka akan semakin tinggi keputusan pembelian keripik pedas maicih.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar