Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

analisis jurnal 2 (new) : Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Pelanggan Pada Bengkel Medan Scooter Club (MSC)

Judul : Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Pelanggan Pada Bengkel Medan Scooter Club (MSC)

Pengarang, tahun : Mustaqim Masril, 2007

Tema : Pengaruh Promosi terhadap Penjualan

Latar Belakang Masalah

persaingan bisnis di dunia otomotif khususnya sepeda motor sudah semakin ketat, dalam memenangkan persaingan untuk menarik konsumen kita harus memiliki strategi salah satunya yaitu dengan promosi, promosi yang dilancarkan perusahaan merupakan alat komunikasi yang bersifat persuasive untuk membujuk konsumen membeli produk perusahaan. Perusahaan pada suatu persaingan yang ketat dituntut untuk melaksanakan promosi yang efektif untuk meningkatkan volume penjualan. Bengkel  Medan Scooter Club (MSC) merupakan salah satu bengkel khusus sekuter di kota medan yang menerapkan unsure-unsur dari bauran promosi untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Masalah 

Apakah bauran promosi berpengaruh positif terhadap peningkatan jumlah pelanggan pada bengkel MSC ?.

Tujuan 

Untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan jumlah pelanggan pada bengkel SMC.

Metodologi penelitian

Data dan sample : populasinya seluruh pelanggan bengkel SMC yang berjumlah 120 orang, sedangkan sample yang diambil berjumlah 36 orang.

Sumber data : data primer dan data sekunder

Alat analisis : program SPSS

Teknik pengumpulan data  :  Observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka

Variable penelitian : periklanan, publisitas, penjualan perorangan dan volume penjualan

Tahapan penelitian : pengumpulan data, lalu pengolahan data kemudian menganalisis data.

Analisis dan hasil :

Setelah melakukan analisis statistic dengan Uji F diketahui hasilnya sebagai berikut :
  • Tingkat kesalahan (α) = 5% dan derajat kebebasan (dF) = (n-k), (k-1) = (36-4), (4-1). Nilai Ftabel 0,05 (32;3) = 2,888

  • Nilai F hitung diperoleh dengan menggunakan bantuan aplikasi software SPSS 13 for windows.
  • Criteria pengambilan keputusan : F hitung > F table
  • Kesimpulan : diperoleh F hitung = 32.612 dan F table = 2.888. karena F hitung > F table maka dapat disimpulkan bahwa variable bebas yakni periklanan, publisitas dan penjualan perorangan secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variable terikat yakni peningkatan jumlah pelanggan.

Berdasarkan hasil diatas, maka hipotesis penulis dapat diterima, yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variable bauran promosi terhadap peningkatan jumlah pelanggan bengkel SMC. 

Rekomendasi dan implikasi

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya pelaksanaan iklan, publisitas serta penjualan perorangan yang ditetapkan oleh bengkel SMC berpengaruh positif terhadap peningkatan jumalah pelanggan, mengandung implikasi bahwa penetapan bauran promosi tersebut memiliki peranan penting dalam peningkatan volume pelanggan.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi perusahaan-perusahaan lain yang sejenis untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan penetapan bauran promosi yang telah diterapkan oleh perusahaan ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar