Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Metode Riset 3 : Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Keripik Pedas Maicih

BAB I  PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Indonesia merupakan Negara yang kaya akan keanekaragaman kulinernya, salah satunya adalah camilan. Camilan bisa bermacam-macam jenisnya, mulai dari camilan buah, makanan kering, sampai keripik dengan berbagai pilihan rasa yang ditawarkan seperti gurih, asin, manis, dan pedas. Semua kalangan sangat menggemari camilan, karena penggemar camilan begitu banyak, maka ini dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Usaha camilan ini menguntungkan karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, produknya dapat bertahan lama, membutuhkan ruangan yang kecil, variasinya banyak serta pengelolaannya yang mudah.

Peluang ini sudah lama dilihat oleh Reza Nurhilman, sang pemilik usaha keripik pedas “Maicih”, sejak setahun yang lalu dia merintis usaha keripik pedas Maicih yang hanya bermodalkan 15 juta rupiah tersebut telah berkembang pesat dan omsetnya mencapai 4 Milyar rupiah setiap bulannya, selain itu ia mampu memproduksi 2000 bungkus maicih perharinya dan selalu habis terjual. Kesuksesan Maicih yang instan tersebut terbentuk dari usaha Reza sang pemilik membangun bisnis ini menjadi besar dengan menerapkan salah satu bentuk strategi pemasaran yang mampu mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian keripik pedas Maicih yaitu penggunaan strategi bauran pemasaran yang meliputi strategi produk, harga, tempat dan promosi yang baik.

Strategi pemasaran keripik pedas Maicih yang dilakukan oleh Reza sang pemilik, akan dipersepsikan oleh konsumen melalui variabel strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, seperti kualitas yang ditawarkan dengan tingkat rasa pedas yang berbeda, merk serta kemasan produk dengan harga yang relative terjangkau dan strategi saluran distribusi/tempat yang nomaden sehingga mampu menjangkau konsumen di seluruh wilayah serta didukung komunikasi bisnis dengan konsumen melalui jejaring social seperti twitter, facebook dan website yang mampu menyambungkan komunikasi secara mudah dan efisien.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas dirumuskan masalah sebagai berikut : sejauh mana pengaruh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi/tempat dan promosi terhadap keputusan pembelian keripik pedas Maicih.
1.3  Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi/tempat dan promosi terhadap penjualan keripik pedas Maicih.
1.4  Kerangka Berpikir
Hubungan strategi bauran pemasaran (marketing mix) dengan keputusan pembelian adalah berkaitan. Menurut Kotler (2000) “Rangsangan pemasaran (marketing stimuli) yang terdiri atas produk, harga, saluran distribusi/tempat dan promosi masuk ke dalam kesadaran pembeli dan akan mempengaruhi pengambilan keputusan pembeli”.

Bauran pemasaran yang terdiri dari  produk, harga, saluran distribusi/tempat dan promosi merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pasar sasaran. Cravens (2000) menyatakan “Strategi bauran pemasaran (marketing mix) merupakan bagian integral dari strategi bisnis yang memberikan arah pada semua fungsi manajemen suatu organisasi”.
Berdasarkan kepada teori-teori dan pendapat para pakar yang tersebut di atas maka dapat disusun sebuah kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar