Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Analisis jurnal baru : Pengaruh Promosi terhadap Volume Penjualan suatu Produk

Tema : Pengaruh Promosi terhadap Volume Penjualan

Penulis : Nur Annisa (2011)

Latar Belakang Masalah 

Di era globalisasi serta perkembangan teknologi seperti saat ini tidak menutup kemungkinan banyak perusahaan-perusahaan baru yang muncul sebagai pesaing dan menawarkan berbagai inovasi produk. Maka dari itu, sebuah perusahaan lama harus mampu bertahan dalam dunia persaingan ini dengan terus menghasilkan produk-produk baru yang inovatif, untuk menunjang keberhasilan sebuah produk baru dapat diterima di pasar ialah dengan melaksanakan kegiatan promosi, promosi adalah suatu upaya perusahaan dalam mempengaruhi ”konsumen aktual” maupun ”konsumen potensial” agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atau dimasa yang akan datang. Tujuan utama sebuah perusahaan adalah memperoleh laba/keuntungan dari penjualan produk yang mereka hasilkan dan penjualan yang sukses harus didukung oleh strategi pemasaran yang sukses, salah satunya adalah melalui promosi. Promosi yang menarik akan suatu produk dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk itu sehingga akan meningkatkan volume penjualan. 

Masalah 

Bedasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka rumusan masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh pelaksanaan kegiatan promosi terhadap peningkatan volume penjualan sebuah produk?

Tujuan

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui adakah pengaruh pelaksanaan kegiatan promosi terhadap tingkat volume penjualah sebuah produk, apakah bersifat positif atau negative antara keduanya.

Hasil

Penelitian ini menunjukan terdapat hubungan yang positif antara pelaksanaan kegiatan promosi dengan tingkat volume penjualan sebuah produk, artinya jika terdapat kenaikan biaya terhadap promosi maka terjadi kenaikan juga terhadap volume penjualan dan begitu pula sebaliknya. Hal itu mengindikasikan bahwa pelaksanaan kegiatan promosi memberikan pengaruh terhadap volume penjualan sebuah produk.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar