Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Analisis jurnal 3 (new) : Analisis Strategi Penetapan Harga dan Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan Syrup Markisa Pyramid Unta pada PT. Pintu Besar Selatan Medan.

Judul : Analisis Strategi Penetapan Harga dan Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan Syrup Markisa Pyramid Unta pada PT. Pintu Besar Selatan Medan.

Pengarang, Tahun : Fitri Mutia Ningrum, 2006

Tema : Pengaruh Promosi terhadap Volume Penjualan

Latar Belakang Masalah : 

Promosi sebagai salah satu unsure marketing mix merupakan sarana komunikasi persuasi perusahaan kepada konsumen yang bertujuan untuk memperkenalkan produk dan jasa serta penyampaian pesan yang baik mengenai perusahaan dan produk yang dihasilkan sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli. Promosi juga merupakan suatu strategi pemasaran yang paling efektif untuk menghadapi persaingan sehingga tujuan perusahaan untuk memperoleh laba yang maksimal dapat dicapai melalui peningkatan volume penjualan. PT. Pintu Besar Selatan Medan merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang industry pemasaran produk syrup markisa. Proses penyediaan bahan baku, pengolahan sampai pemasaran dilakukan sendiri oleh perusahaan, variable harga dan promosi ini mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan pemasaran serta peningkatan volume penjualan.

Masalah

Apakah strategi penetapan harga dan promosi yang ditetapkan perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan syrup markisa pyramid unta pada PT. Pintu Besar Selatan Medan ?

Tujuan : 

Untuk megetahui apakah promosi yaitu melalui periklanan, penjualan pribadi, promosi penualan dan publisitas yang dilakukan perusahaan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap volume penjualan perusahaan.

Metodologi penelitian

Data dan sample : data diperoleh dari dokumen PT. Pintu Besar Selatan Medan dengan mengambil sampel volume penjualan syrup markisa pyramid unta pada periode tahun 2000 sampai 2004.

Alat analisis : program SPSS

Teknik pengumpulan data  :  wawancara, penelitian kepustakaan serta melalui dokumen PT. PIntu Besar Selatan Medan

Variable penelitian : periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan publisitas (variable bebas) serta volume penjualan (variable terikat)

Tahapan penelitian :
-          Survey ke perusahaan
-          Penelusuran pustaka
-          Pengolahan data

Analisis dan hasil :

Penilaian pengaruh biaya promosi terhadap hasil penjualan perusahaan dapat dilakukan dengan menggunakan analisis  regresi berganda, yang dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil perhitungannya sebagai berikut :

Y = -4872963,4 + 209,5 X1 – 30,9 X2 + 352,56 X3 – 40,72 X4 + e

Berdasarkan persamaan regresi berganda tersebut, dapat dilihat bahwa ternyata hanya variable periklanan dan variable penjualan pribadi berpengaruh positif terhadap volume penjualan dan variable promosi penjualan dan variable publisitas berpengaru negative terhadap volume penjualan dan variable penjualan pribadi paling berpengaruh terhadap variable volume penjualan.

Rekomendasi dan implikasi

 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penjualan pribadi dan periklanan berpengaruh besar terhadap volume penjualan, mengandung implikasi bahwa penetapan promosi berupa penjualan pribadi serta periklanan mempunyai peranan penting dalam peningkatan penjualan.
Penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada hubungannya dengan kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. Pintu Besar Selatan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar